Kuliner Khas Pulau Seribu yang Wajib untuk Dicoba

Menikmati keindahan alam tentunya akan terasa kurang lengkap apabila belum mencoba kuliner khas pulau seribu. Kulinernya menawarkan cita rasa unik, mengombinasikan kekayaan alam daerahnya dengan pengolahan yang turun temurun.

Selain rasanya lezat berbagai makanannya memiliki nama – nama unik, seperti “selingkuh” atau “bom atom”. Tetapi tenang, meskipun namanya sedikit menyeramkan namun rasanya tidak perlu diragukan lagi, bikin ketagihan.

Beberapa wisatawan malah justru mencari – cari makanan khas tersebut, karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Menikmati camilah istimewa sambil menikmati senja di pinggir pantai setelah seharian bermain rasanya pasti sangat nikmat sekali.

Kebudayaan Masyarakatnya Melahirkan Kuliner Khas Pulau Seribu

Sebagian dari pengunjung pastinya akan bertanya – tanya, bagaimana bisa makanan memiliki penamaan yang bisa dibilang cukup unik. Bahkan beberapa terkesan sangat bikin penasaran, karena wisatawan tidak bisa menebak seperti apa bentuk makanannya.

Ternyata adanya berbagai makanan tersebut tidak terlepas dari sejarah masyarakat asli kepulauan seribu. Meskipun terletak di sebelah utara Jakarta, ternyata penduduknya memiliki karakteristik berbeda. Bahkan seperti campuran Banten Kalimantan.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, sebagian penduduknya berasal dari Kalimantan. Hal ini dibuktikan dengan adanya makam salah satu keluarga kerajaan Kalimantan yang menolak penjajahan Belanda waktu itu.

Percampuran dengan budaya sekitar, beradaptasi dengan alam, dan membentuk komunitas baru membuatnya sangat berbeda. Beberapa menyebut penduduk asli sebagai “Orang Pulo”, karena memang memiliki karakteristik berbeda dari orang Betawi.

Kekayaan alam seperti ikan, sagu, tepung menjadi bahan utama dalam membuat camilan atau kuliner khas pulau Seribu. Sehingga tidak kaget apabila Anda banyak menemukan abon ikan, olahan ikan, atau camilan dari ikan di pulau Seribu.

Kebiasaan meninggalkan istri melaut setiap hari ternyata juga menjadi inspirasi salah satu nama makanannya. Yaitu makanan Janda Mengandang, dinamai begitu karena istri ketika ditinggal melaut sudah seperti janda saja.

Kuliner Khas Pulau Seribu Bikin Perut Kenyang

Setelah lelah seharian berkeliling, bereksplorasi, serta menikmati wahana baharinya, tentunya membuat perut keroncongan. Ada banyak hidangan yang dapat menjadi pilihan, mulai dari restoran dengan menu seafood kekinian maupun makanan khas.

Akan sangat disayangkan apabila belum pernah mencicipi olahan asli daerah kepulauan seribu, karena makanan khasnya hampir tidak bisa ditemui di daerah lain. Karenanya cobalah mencicipi kuliner mengenyangkan berikut ini.

1.      Sate Odol

Sate ini diberi nama berdasarkan cara pengolahannya, yaitu dengan menumbuknya dengan alat kemudian mengeluarkan daging dari kulitnya. Orang Pulo menyebutnya “diodol – odol”. Satenya sendiri biasanya dibuat dari olahan ikan tongkol.

Setelah dagingnya keluar, akan dicampur dengan bumbu khas, kemudian dibakar dengan dilapisi daun pisang. Sate tanpa tusuk ini sudah siap dinikmati ketika sudah mengeluarkan bau harum. Rasanya legit dan asin, khas daerah pesisir pantai.

2.      Sata Gepuk

Serupa dengan sate odol, kuliner khas pulau seribu ini merupakan olahan dari Ikan tongkol. Pembuatannya dengan digepuk atau dipukul hingga dagingnya halus. Daging tersebut dicampur dengan parutan kelapa bakar.

Seperti sate odol, tidak menggunakan tusuk ketika di bakar, tetapi dilapisi dengan daun pisang. Rasanya gurih pedas manis dan segar, karena bahannya alami semua. Anda mudah menemukannya di berbagai tempat kepulauan seribu.

3.      Sambal Beranyut

Kuliner satu ini bukanlah sebuah makanan, tetapi sebuah pelengkap dalam hidangan. Seperti namanya yaitu sambal Beranyut diolah dari cabai, garam serta jeruk limau. Tentu saja, rasanya pedas menggoda, sampai membuat berkeringat.

Paling enak dinikmati dengan berbagai olahan ikan, seperti ikan bakar atau ikan goreng. Rasa lelah setelah beraktivitas seharian seperti hilang, karena rasanya menggugah selera dan ingin tambah makan lagi.

4.      Talam Ikan

Makanan satu ini cocok digunakan sebagai pelengkap setelah makan berat. Komposisinya terdiri dari tepung beras yang dikukus, sehingga bertekstur kenyal. Di atasnya ditaburi dengan cincangan ikan yang memiliki rasa lezat.

Kuliner Khas Pulau Seribu yang Cocok untuk Nyemil

Ketika sedang mengobrol santai sambil menikmati suasana pantai, lebih seru lagi kalau ditemani dengan camilan. Anda bisa mencoba mencicipi camilan – camilan khas dari kepulauan seribu, selain namanya unik juga cocok sebagai pengganjal perut.

Meskipun disebut sebagai camilan, namun beberapa memiliki bahan dasar ikan, sehingga kaya dengan protein. Tetapi meskipun demikian, harus tidak boleh berlebihan mengonsumsinya. Karena bisa tidak cukup ruang untuk menikmati kuliner beratnya.

1.      Kue Kolong

Kue ini merupakan olahan dari campuran ubi dengan sagu. Kedua olahannya akan digoreng hingga matang dan siap disajikan. Untuk cara memakannya biasanya ditemani dengan air rebusan dari gula jawa, sehingga rasanya manis gurih.

Untuk menikmati rasanya terbaiknya, cobalah ketika sedang hangat – hangatnya. Rasanya yang renyah gurih, dibalut dengan saus gula jawa akan memanjakan lidah Anda. cocok sebagai teman mengobrol santai bersama rekan - rekan.

2.      Puk Cue

Jika Palembang memiliki pempek, terdapat kuliner khas pulau seribu yang memiliki bentuk dan rasa serupa dengan pempek Palembang. Namanya adalah Puk Cue, namun perbedaannya terletak pada sambalnya.

3.      Kue Maco

Apabila di Jawa mengenal Onde – Onde, ternyata di Pulau Seribu juga memiliki makanan serupa. Mulai dari bentuk bulatnya, dengan taburan biji wijennya, sekilas mirip sekali dengan onde – onde. Namun ketika mencobanya rasanya sangat berbeda.

Kue Maco memiliki isian abon ikan atau ikan suwir – suwir, berbeda dari onde – onde yang diisi kacang atau ubi. Rasa gurih dari daging ikan atau abon ikan dengan balutan biji wijennya akan memanjakan lidah Anda selama nyemil.

4.      Sengkulun

Kue berwarna putih satu ini sangat cocok bagi Anda yang kurang bisa makan gorengan. Terbuat dari tepung ketan dan gula yang dikukus, memberikan rasa legit, manis, serta gurih. Enaknya dimakan sambil menunggu suntet di pesisir pantai.

Mulai Pudarnya Kuliner Khas Pulau Seribu

Semakin berkembangnya zaman, sangat disayangkan makanan khas ini sudah mulai pudar dan dilupakan oleh banyak orang. Salah satu faktornya adalah kurangnya sosialisasi, sehingga tidak banyak orang mengenal makanan khasnya.

Beberapa penduduk juga ada yang sudah mulai lupa mengenai cara pembuatannya, terlebih setelah banyak anak mudanya yang merantau ke kota besar. sehingga resep, cara pembuatan, serta cara penyajiannya perlahan mulai menghilang.

Pengaruh dari selera wisatawan terhadap makanan kekinian juga menjadi salah satu penyebab tidak langsungnya masyarakat mulai melupakan jajanan tradisionalnya. Masyarakat lebih memilih melayani wisatawan dibandingkan menawarkan kekhasannya.

Meskipun demikian, beberapa tradisi adat atau upacaranya ternyata memegang pengaruh penting dalam melestarikan kuliner unik satu ini. Beragam jajanan khas masih menghiasi prosesi perayaan tertentu, seperti ketika pernikahan.

Apabila Anda tertarik dengan kuliner khas kepulauan seribu, kami Pulau Seribu Traveling dapat membantu Anda. Selain wisata kuliner, kami juga menyediakan paket berlibur di berbagai pulau – pulau kecil.

Anda bisa menikmati kegiatan seperti snorkeling, permain di pasir pantai yang putih, serta menjelajahi berbagai obyek wisata menarik lainnya. Sehari belum cukup? Kami juga memiliki paket bermalam, lengkap dengan penginapan yang nyaman.

Tertarik untuk berlibur di Pulau Seribu, yuk segera hubungi Customer Service kami pada 0822-9865-6789. Utarakan kuliner khas pulau seribu yang diinginkan, kami akan membantu mempersiapkannya untuk Anda.

One thought on “Kuliner Khas Pulau Seribu yang Wajib untuk Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *